News

Pentingnya Mengatur Informasi Pemulihan Akun Email

  • M. Azhar Lihan Sandy, S.Kom.
  • 25 Juni 2021
  • tips
ICT UMMI - Email menjadi salah satu hal yang  penting dan cukup sering digunakan. Walaupun beberapa orang terlihat abai terhadap email, namun seseorang yang memiliki smartphone setidaknya memiliki satu email, baik itu dibuat sendiri ataupun dibuatkan orang lain. Dahulu penggunaan email digunakan untuk berkirim surat secara elektronik menggantikan surat fisik. Tidak seperti surat fisik yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai ke penerima, email secara instan sampai pada saat itu juga.

Saat ini email tidak hanya digunakan sebagai sarana berkirim pesan, tapi juga sebagai identitas kita di dunia maya. Banyak layanan daring yang membutuhkan email sebagai cara untuk memverifikasi identitas seseorang. Contohnya E-Commerce, Layanan Pelaporan Pajak, Internet Banking dan media sosial. Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam melaksanakan kegiatan akademik juga memanfaatkan fasilitas email. Email pada Universitas Muhammadiyah Sukabumi bekerja sama dengan Google menyajikan Google Apps for Education (GAFE)..


Layanan-layanan daring tersebut biasanya mengirimkan informasi penting terkait akun dan informasi pemulihan akun melalui email, sehingga jika kita menjaga akun email kita dengan baik, maka kita tidak akan ketinggalan informasi penting dan juga tidak kehilangan akses terhadap layanan tersebut. Karena begitu pentingnya informasi pada email, maka penting juga untuk mengatur informasi pemulihan akun pada email sehingga jika suatu saat kita kehilangan akses terhadap akun email, maka kita dapat me-reset password email menggunakan informasi pemulihan akun yang sudah kita daftarkan sebelumnya.