News

Surat Edaran Penyesuaian Kapasitas Penyimpanan Google

  • Ruswandi, S.T.
  • 06 April 2023
  • informasi terbaru

Sehubungan dengan adanya perubahan kebijakan Google mengenai kapasitas penyimpanan Google Suite for Education dari semula unlimited menjadi maksimal 100 TB per institusi pendidikan, maka seluruh akun Google yang berafiliasi dengan ummi.ac.id akan terdampak. Kebijakan pembatasan tersebut akan diterapkan mulai tanggal 1 Mei 2023.

Menyikapi kebijakan tersebut dan untuk menghindari gangguan layanan maka kepada Bapak/Ibu pimpinan di masing-masing unit kerja agar dapat menginformasikan seluruh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di tempat masing-masing, bahwa

  1. Per tanggal 1 Mei 2023, kapasitas penyimpanan maksimum Google untuk akun mahasiswa adalah sebesar 20GB dan untuk dosen beserta tendik adalah 50 GB.

  2. Masing-masing pengguna agar segera melakukan backup  data dan menyesuaikan isi kapasitas penyimpanan terdampak (Gmail, Google Drive, Google Photo, dll.) sebelum 1 Mei 2023.

  3. Jika pada tanggal 1 Mei 2023 masih terdapat akun yang melebihi kapasitas maksimum, maka akun akan dinonaktifkan dan data akan dihapus.

  4. Masing-masing pengguna dimohon untuk melakukan pemeriksaan jika terdapat dokumen/file yang berpotensi terkena pelanggaran hak atas kekayaan intelektual dan segera menghapus dokumen/file tersebut.

  5. Bagi sivitas akademik dan tenaga kependidikan yang sudah melakukan aktivasi office 360 UMMI, maka dapat mendapatkan alternatif penyimpanan cloud di OneDrive Microsoft sebesar maksimum 1 TB.