News

Cara Mengatur Informasi Pemulihan Akun Google

  • M. Azhar Lihan Sandy, S.Kom.
  • 28 Juni 2021
  • tips

ICT UMMI - Informasi pemulihan akun google digunakan untuk membantu kita me-reset password jika sewaktu-waktu kita lupa password akun google. Lupa terhadap password akun cukup sering terjadi karena di saat ini segala sesuatu serba digital yang membuat kita mengingat cukup banyak akun. Ditambah lagi dengan fitur dari google sendiri dimana kita cukup login satu kali di sebuah perangkat, google akan mengingat kita pernah login di perangkat tersebut, sehingga kita tidak perlu mengetik kan password lagi selama kita tidak logout  dari perangkat tersebut.

Masalah terjadi ketika kita sudah lama tidak mengetikkan password, lalu kita diminta untuk verifikasi password oleh google dengan beberapa kondisi seperti

  • Tidak sengaja logout
  • Mengubah informasi sensitif pada akun google yang membutuhkan verifikasi password
  • Menggunakan perangkat baru yang belum pernah login ke akun google

Oleh karena itu, saat kita masih mengingat password, penting untuk mengatur informasi pemulihan akun google. Berikut cara mengatur informasi pemulihan akun google:

  1. Kunjungi halaman https://myaccount.google.com/ 
  2. Jika perangkat digunakan untuk lebih dari 1 akun google, silakan pilih akun google yang ingin diperbarui informasi pemulihan akunnya dengan memilih ikon foto profil pada sudut kanan atas halaman


  3. Jika sudah, pilih tab keamanan



  4. Gulir ke bawah pada menu keamanan dan Anda akan menemukan pilihan telepon pemulihan dan email pemulihan


  5. Untuk mengatur informasi nomor telepon, pilih telepon pemulihan. Anda akan diminta untuk memverifikasi diri dengan memasukkan password akun google. Silakan masukkan password pada kolom yang disediakan dan pilih berikutnya



  6. Jika Anda belum pernah mengisi nomor telepon pada akun google, maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Pilih tambahkan nomor telepon pemulihan.


    Namun jika sebelumnya pernah mengisi nomor telepon pada akun google, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.



    Jika nomor yang tertera sudah benar, artinya nomor telepon pemulihan sudah diatur dengan baik. Namun jika nomor telepon salah atau sudah berganti, maka pilih ikon pensil di sebelah kanan nomor telepon untuk mengubah nomor telepon
  7. Pastikan kode negara adalah Indonesia dengan melihat bendera di sebelah  kiri kolom untuk memasukkan nomor telepon. Masukkan nomor telepon dan pilih selanjutnya. Kemudian pilih dapatkan kode. Nanti google akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor telepon yang kita masukkan sebelumnya. Pastikan juga memiliki sisa pulsa karena kemungkinan akan dikenakan biaya.


  8. Masukkan kode yang didapatkan melalui SMS ke kolom yang disediakan, dan pilih verifikasi.


  9. Setelah selesai, halaman akan menampilkan nomor telepon yang sudah kita daftarkan. Itu artinya nomor telepon sudah berhasil didaftarkan sebagai nomor telepon pemulihan akun.

Selain dengan nomor telepon, pemulihan akun juga bisa dilakukan dengan menggunakan email lain. Cara-caranya tidak berbeda jauh dengan mengatur informasi pemulihan nomor telepon, hanya saja kode verifikasi akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan.

Nah, apabila nomor telepon dan email pemulihan sudah didaftarkan, jika sewaktu-waktu kita lupa kata sandi, maka kita tinggal menggunakan fitur pemulihan akun google. Caranya silakan kunjungi https://myaccount.google.com/ kemudian pilih Lupa Sandi dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ada pada halaman. Jika akun kita masih dalam keadaan login, silakan masuk ke menu keamanan dan pilih ganti kata sandi, kemudian pilih Lupa Sandi dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ada pada halaman.


Itu dia informasi mengenai cara mengatur informasi pemulihan akun google. Semoga bermanfaat.